BUMDes Tridadi Makmur

05 May 2023

Pernah mendengar salah satu destinasi baru di Kabupaten Sleman yang bernama Puri Mataram Atau justru Anda pernah berkunjung ke sana Bagaimana suasana yang ditawarkan oleh destinasi wisata Puri Mataram Menarik bukan Memberikan satu nuansa tradisi yang kental akan masa Mataram tempo dulu. Puri Mataram mengambil konsep budaya Mataram tempo dulu, yang mana di dalamnya menyajikan berbagai wahana yang saling terintegrasi satu dengan lainnya. Ketika Anda berkunjung ke destinasi wisata Puri Mataram akan mendapati Joglo Resto, Joglo Lotus, Joglo Ndelik, Wahana Becak Air, Wahana Taman Bunga, Wahana Taman Kelinci, Wahana Taman Kitiran, Wahana Tangkap Ikan dan Pasar Ndelik, dan berbagai wana menarik lainnya. Dengan luas kurang lebih 4,5 Ha.

Kebanyakan Badan Usaha Milik Desa mendirikan unit usaha dengan mengandalkan keberadaan alokasi dana desa, barang kali ini yang menjadi salah satu pembeda Bumdes Tridadi Makmur dengan BUMDes lain, mereka tidak ‘cukup’ hanya mengandalkan keberadaan dana desa, namun juga mengajak masyarakat desa sebagai ‘penanam saham’.

Dapat kita lihat dalam pengelolaan Puri Mataram, BUMDes Tridadi Makmur tidak hanya mengandalkan keberadaan dana desa, Pengurus Bumdes secara aktif mengajak masyarakat desa Tridadi untuk turut serta menjadi penanam saham di Puri Mataram, skema penanaman saham oleh masyarakat ini dengan pembagian deviden 51% untuk desa dan 49% untuk masyarakat.

Tidak mudah memang mengajak masyarakat menjadi ‘penanam saham’ dari sebuah unit usaha yang dijalankan BUMDes. Namun, Pengelola BUMDes Tridadi Makmur berhasil meyakinkan kepada masyarakat bahwa unit usaha yang akan dijalankan akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi desa dan warga desa.

Alhasil, warga desa yang saling mendukung terhadap kegiatan Badan Usaha Milik Desa, dukungan dari pemerintah desa, menjadikan unit usaha yang dijalankan BUMDes Tridadi Makmur sukses seperti saat ini. Mampu menyerap tenaga kerja di desa, dan menjadikan adanya geliat ekonomi di desa.

Pengelola Bumdes Tridadi Makmur dan Unit Usaha Puri Mataram sangat sadar pentingnya media promosi di era sekarang ini, apa lagi mereka menjalankan unit usaha yang berhubungan dengan ‘hiburan’ atau wisata. Perlu upaya untuk memberi tahu ke khalayak luas perihal tempat wisata yang mereka buat.

Untuk itu, mereka menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran atau promosi dari puri Mataram. Dengan memanfaatkan jejaring sosial yang telah ada seperti Facebook dan Instagram. Selain itu, BUMDes Tridadi Makmur juga telah merencanakan website khusus yang akan berisi atau menjadi pusat informasi tentang Puri Mataram.

Selain di ranah online atau digital, Pengelola juga membentuk tim marketing yang secara aktif memasuki instansi pemerintahan dan sekolah-sekolah yang ada di Jogja dan sekitarnya guna memperkenalkan destinasi dan produk yang ada dari unit usaha Wisata Kampung Mataram.

Nama Bumdes

Bumdes Tridadi Makmur

Url BUMDes

www.purimataram.com

Lokasi

Desa Tridadi, SLEMAN, SLEMAN, D I YOGYAKARTA

Alamat

Drono, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman