Kalurahan Tridadi Menyampaikan Akta Kematian program Lukadesi

06 July 2023

Pemerintah Kalurahan Tridadi menyampaikan Akta Kematian Warga sebagai pelaksanaan program Keluarga Berduka Desa Siaga atau LUKA DESI . Program Luka Desi ini merupakan program turunan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada Kalurahan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran tertib admintrasi bagi warga masyarakat.

Program Luka Desi juga memudahkan dan mempercepat dalam pembuatan Akta Kematian sehingga adminstrasi warga segera dapat terselesaikan. Uapaya ini sudah berjalan beberapa tahun di Kalurahan Tridadi, yang terbaru pemerintah Kalurahan Tridadi menyerahkan akta kematian kepada keluarga berduka di padukuhan Wadas yang secara langsung disampaikan oleh Lurah Tridadi Hj. Sri Hartati, S.Pi kepada salah satu keluarga berduka dari bapak Dwi Suyanto pada saat upacara pemberangkatan jenazah hari Rabu 05 Juli 2023.

Program ini sangat efektif dilaksanakan untuk menertibkan administrasi kependudukan warga karena warga akan lbih dimudahkan dalam prosesnya.

Kalurahan Tridadi secara langsung akan melakukan input data mengenai informasi kematian yang diperoleh dari dukuh setempat kemudian dukuh menyiapkan berkas yang diperlukan untuk membuat akta kematian yang diteruskan ke petugas luka desi kalurahan.

Proses selanjutnya petugas akan langsung meng-input data kematian melalui SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) dan petugas dari kalurahan akan menangani registrasi sehingga proses pembuatan akta bisa segera dilakukan melalui mekanisme yang ada. Akta kematian diserahkan kepada ahli waris pada saat prosesi pemberangkatan jenazah atau menyusul ketika setelah pemakaman.