Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsian Bencana Kalurahan Tridadi

05 May 2023

Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsian Bencana Kalurahan Tridadi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman dilaksanakan selama 2 hari Pada hari rabu sampai dengan hari kamis tanggal 08-09 Maret 2023 bertempat di Puri Mataram, Drono, Tridadi, Sleman. Dari jam 08.00-12.00 WIB

Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama atau hari pertama dilaksanakan di Joglo Nusantara Puri Mataram dengan materi sosialisasi dan pemberian materi sebelum penyampaian materi Lurah Tridadi Hj. Sri Hartati, S.Pi menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta dan pemateri Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsian Kalurahan Tridadi di Puri Mataram. Setelah sambutan dari Hj. Sri Hartati acara dilanjutkan dengan penyampaian materi

Materi pertama dari BPBD Kabupaten Sleman yang disampaika oleh Bapak Bambang Kuntoro. A.P, M.Si,  selaku kepala bidang kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Sleman Yang menyampaikan materi tentang Pengelolaan barak pengungsian dari penyediaan barak pengungsian, Pengelolaan barak sebelum digunakan, pengelolaan barak ketika digunakan, dan pengelolaan barak pasca digunakan.

Materi kedua dari Polresta Sleman yang disampaikan oleh Kompol Budi Rianto,S.Sos selaku Kasat Samapta yang menggantikan Kapolresta Sleman yang Berhalangan Hadir. Kompol Budi Rianto, S.Sos menyampaikan meteri tentang pengamanan ketika terjadi bencana, pengamanan jalan jalur evakuasi, dan pengawalan evakuasi korban menuju barak pengungsian

Materi ketiga disampaikan oleh bapak Anang Suyoto dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman tentang pertolongan pertama terhadap korban ketika terjadi bencana maupun kecelakaan. Materi ini penting dikeathui oleh peserta terkait dengan penanganan-penanganan terhadap korban agar tidak terjadi keslahan yang mengakibatkan luka korban menjadi fatal.

Dalam penyampaian materi seluruh peserta pelatihan sangat antusisas dan memperhatikan setiap materi yang disampaikan oleh masing-masing pemateri. Adapun peserta Pelatihan ini diikuti oleh unsur Pamong Pemertintah Kalurahan Tridadi, Dukuh se Kalurahan Tridadi, Kader Kesehatan Kalurahan Tridadi, PKK Kalurahan Tridadi, Relawan Sosial Kalurahan Tridadi, Linmas Kalurahan Tridadi, dan Karangtaruna Kalurahan Tridadi dan dipandu oleh BPBD Kabupaten Sleman, Polresta Sleman, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Pada sesi pertama atau hari pertama pelaksanaan pelatihan pengelolaan barak pengungsian untuk Kalurahan Tridadi terlaksana dengan lancar Di akhiri tepat jam 12.00 WIB setelah sesi tanya jawab. Untuk kemudian pelatihan sesi kedua akan dilanjutkan dengan praktik pelaksanaan penanggulangan bencana oleh seluruh peserta pelatihan hari Kamis 09 Maret 2023 jam 08.00 WIB berlokasi di Puri Mataram.

Pada sesi kedua pelatihan pengelolaan barak pengungsia Kalurahan Tridadi oleh BPBD Kabupaten Sleman dihadiri oleh peserta yang sama dengan sesi pertama pelatihan pengelolaan barak pengungsian kalurahan Tridadi di Puri Mataram. Acara dmulai jam 08.00 WIB dengan membagi peserta kedalam 4 tim yakni tim pembangunan tenda, tim logistik dan dapur, tim administrasi dan tim medis. Untuk peserta yang tidak termasuk kedalam 4 tim tersebut bertugas menjadi korban bencana.

Setelah pembagian tim kemudian dilanjutkan dengan sedikit penyampaian teknik pemasangan tenda dan pemutaran cara pemasangan tenda barak pengungsian. Dan dilanjutkan praktik pendirian tenda di halaman parkir Puri Matarm.

Tenda berhasil didirikan oleh tim tenda kurang dari satu jam. Dilanjutkan praktik penanganan korban, pengisian administrasi data korban, penyiapan logistik dan dapur umum untuk penanganan korban yang dievakuasi di barak pengungsian. Semua berjalan lancar acara ditutup secara simbolis oleh bapak Bambang Kuntoro, A.P, M.Si jam 12.00 WIB

Diadakannya Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsian ini diharapkan Kalurahan tridadi sebagai Kalurahan Penyangga dapat selalu siap siaga apabila terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan terkait dengan bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di Daerah Kita.